About

TIPS SEHAT DI MUSIM PENGHUJAN


Musim hujan kini telah tiba. Setiap hari hujan turun tanpa pernah bisa diduga. Terkadang pagi begitu cerah, menjelang siang langit sudah mulai menghitam. Dan tak butuh waktu lama, hujan akan turun dengan begitu derasnya.
Di musim penghujan ini, ada banyak hal sepele yang terkadang dilupakan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan kita. Padahal kesehatan menjadi hal paling rentan ketika musim hujan telah tiba. Berikut ini ada beberapa tips agar kita selalu tetap sehat dan bugar meski harus berjuang menaklukkan hujan setiap hari.

1.      Selalu sedia “penangkal hujan”

Pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Pepatah ini juga cukup berlaku ketika musim penghujan. Jadi sebelum tubuh harus berperang melawan penyakit yang ditimbulkan oleh hujan, ada baiknya kita menghindari kontak langsung dengan hujan. Mantel atau payung bisa menjadi alternatif untuk bisa “menangkal” kontak lansung dengan hujan. Jadi kemanapun kita akan pergi, ada baiknya untuk selalu membawa mantel atau payung.
2.      Jaga pola makan dengan baik
Dengan menjaga pola makan dengan baik, imun tubuh kita juga akan lebih kuat dalam menghadapi penyakit yang bersiap datang mengganggu kesehatan. Selain asupan makanan, asupan cairan tubuh juga harus tetap di jaga. Kebutuhan akan air putih harus tetap terpenuhi agar badan tetap bugar.








3.      Hindari begadang.
Sama seperti yang di ucapkan Bang Haji Rhoma Irama “begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”. Selain asupan makanan yang harus terjaga, kualitas istirahat juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Apalagi untuk kita yang memiliki segudang kegiatan, istirat bisa menjadi hal yang sangat utama untuk dijaga. Selain untuk menjaga kesehatan, istirahat cukup juga akan membuat kita lebih siap menghadi tantangan esok hari.
4.      Mulailah berolahraga
Olahraga tidak perlu yang terlalu berat, jogging di pagi hari juga sudah cukup untuk menjaga kesehatan. Kegiatan ini juga dapat menunjang kesehatan kita. Sehingga jantung kita dapat menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Dan ini sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah kita menjadi stabil. Selain manfaat penting itu, olahraga memiliki fungsi yang cukup unik. Karena dengan olahraga kita tidak akan pernah merasa kedinginan meski dalam musim penghujan sekalipun.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan kita di musim penghujan. Selamat mencoba ^_^
oleh : Rizkiyah Hidayati

3 komentar: