About

TIPS dan TRIK Menulis Cepat

Menulis adalah kegiatan menuangkan ide dan pikiran kita ke dalam tulisan. Artinya, bagaimana kita menjelaskan gagasan kita kepada orang lain melalui simbol huruf yang tidak dapat terucap. Saat kita berbicara, tiap harinya kita memproduksi beribu-ribu kata. Dan tanpa kita sadari, sudah berapa kali kita menuangkan ide kita atau pesan kepada orang lain. Bahkan, jika semua perkataan kita dalam satu hari ditulis, mungkin bisa menghabiskan satu buku.
    Ya, bangsa Indonesia masih cenderung terbiasa dengan budaya bicaranya, bukan menulisnya. Namun masih banyak juga penulis-penulis hebat di Indonesia dan termasuk ke dalam kelompok minoritas. Sehingga orang akan cenderung menuangkan ide melalui kata-kata atau ucapan daripada menghasilkan karya tulisan yang tentu saja lebih bisa bermanfaat, karena masih tersimpan idenya di dalam tulisan yang bisa dibaca oleh siapa saja. Sehingga mayoritas orang Indonesia saat mendapatkan tugas menulis atau deadline naskah yang harus dikirimkan ke penerbit atau koran, misalnya, masih kesulitan. Mengapa? Karena kita masih merasa takut dan ragu-ragu akan tulisan kita. Kita masih cenderung berhati-hati dalam menuangkan ide. Padahal ide adalah kebebasan personal dan hak setiap individu. Sehingga tak jarang saat sudah berada di depan layar komputer untuk menulis sesuatu, tidak jarang kita lupa dan bingung harus menuliskan apa. Maka jadilah kita beralih untuk membuka perambah internet, membuka facebook, twitter, menonton video di Youtube atau sekedar berchat ria bersama kawan di jejaring sosial. Lalu bagaimana dengan niat menulis tadi? Alhamdulilah, belum juga dimulai. Ms. Word masing kosong melompong.
     Berangkat dari masalah tersebut maka seorang penulis memerlukan suatu trik agar dia bisa lebih fokus dalam menuangkan ide, dan tentu saja karya yang dihasilkan haruslah cepat, menarik, menjual serta ide tersampaikan pada pembaca. Nah, salah satu caranya adalah menulis cepat. Menulis cepat adalah kegiatan menulis dalam waktu cepat. Sehingga bisa dipastikan, banyak terdapat kesalahan menulis  dan pemilihan kata. Namun, itu takkan menjadi masalah lagi selagi kita mempunyai tips dan triknya. Berikut adalah tips dan trik menulis cepat :
1.       Jangan menaikturunkan scrol bar. Jika kita penasaran terhadap paragraf awal yang kita tulis sudah betul atau tidak, untuk menulis cepat bisa diabaikan dulu.
2.       Menyuplai ide bak air mengalir. Artinya rancangan ide yang mungkin kita buat sebelumnya bisa berbeda dengan yang kita rencanakan karena kita sudah terhanyut dalam cerita itu sendiri. Lantas apa yang harus kita lakukan saat hal itu terjadi pada cara menulis cepat? Ya, biarkan saja mengalir seperti air.
3.       Abaikan struktur bahasa. Jika kita ingin ide kita cepat-cepat terealisasikan, dalam menulis cepat jangan dulu memperhatikan struktur bahasa. Biarkan saja kata yang kita pikirkan muncul, asal masih bisa dimengerti.
4.       Abaikan penulisan EYD. EYD adalah hal yang sangat penting bagi wacana formal. Namun juga tidak menutup kemungkinan tulisan yang bersifat umum juga bisa terlibatkan pada kajian formal yang menuntut kesempurnaan EYD. Namun, perlu diingat dalam menulis cepat EYD tidak diperhatikan dulu dan EYD akan dicek lagi setelah kita menyelesaikan karya tersebut.
5.       Pertahankan ide. Saat kita konsisten bahwa ide yang kita miliki adalah ide brilliant, kita harus cepat-cepat menuliskannya karena kemampuan otak kita dalam mengingat ide yang spontan muncul adalah sangat lemah dan bisa hilang dalam hitungan detik. Seperti anda yang ingat ingin mencatat daftar belanjaan saat pergi ke toilet. Tapi ternyata setelah dari toilet langsung begitu saja lupa. Sehingga tulisan yang bagus adalah tulisan yang konsisten dari awal terhadap ide orisinal yang dibuatnya.
6.       Block semua kata dan ganti dengan warna putih saat anda mengetik pada MS. Word. Apa yang terjadi? Anda tidak tahu, apakah yang baru saja anda tuliskan. Nantinya, akan membuat anda malas untuk mengeditnya kecuali setelah selesai acara menulis, maka anda perlu mereviewnya kembali.

Baiklah kawan, itu tadi 6 tips dan trik menulis cepat. Semoga bermanfaat bagi kawan semua yaitu, bisa menjadi referensi ataupun inspirasi positif dalam hal menulis.
Oleh : Monafisa Rizqi (Sastra Inggris)

2 komentar:

  1. Wow, tips yang sangat berguna sekali bagi saya

    terima kasih telah berbagi pengalaman

    BalasHapus
  2. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Kami :
    http://contohbimbinganskripsi.blogspot.co.id/

    BalasHapus