About

Resensi Buku



Dalam sejarah kecerdasan sebuah kaum, Yahudi merupakan kaum yang kecerdasaannya tidak diragukan lagi. Meskipun jumlah mereka yang tidak lebih dari 1% dari jumlah penduduk dunia, mereka dapat menguasai dunia ini dengan karya-karya mereka yang fenomenal. Kecerdasaan mereka terbukti hampir 50% ilmuwan pendidikan adalah keturunan Yahudi di Spanyol. Lebih dari 25% profesor di perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Amerika Serikat adalah orang Yahudi. Dari 270 Hadiah Nobel Perdamaian, 102 yang memenangkan adalah orang Yahudi dari pertama kali dianugerahkan 1901 sampai saat ini.

 
Tokoh-tokoh yang terkenal dari orang Yahudi di dunia ini diantaranya Mike Lazaridis penemu BlackBerry yang populer pada saat ini. Felix Bloch penemu Bom Atom, Larry Page & Sergey Brain penemu mesin penacari Google, fisikawan Albert Einstein penemu teori Relativitas, Mark Zuckernberg penemu dan pendiri Facebook, Bill Gates penemu Microsoft, bahkan Lionel Messi pesepak bola yang luar biasa, dan masih banyak lagi ilmuwan-ilmuwan yang ahli di bidang mereka. Dan mereka semua merupakan keturunan Yahudi.
Kecerdasan mereka bukan hanya semata-mata takdir Tuhan, tapi terdapat rahasia-rahasia yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Dan rahasia tersebut dilakukan oleh mereka ketika anak-anak mereka masih dalam kendungan. Diantaranya yang pertama adalah mendengarkan dan bermain musik. Musik yang didengarkan adalah musik yang shaydu, menyegarkan pikiran dan menambah semangat psikologi. Kebiasaan ini telah dilakukan oleh para ibu golongan Yahudi ketika masa kehamilan. Dan kebiasaan tersebut sesuai dengan kaidah kedokteran.
Yang kedua adalah mengerjakan soal matematika. Para ibu hamil tersebut tidak merasa bosan untuk mengerjakan soal-soal matematika. Dan mereka mengerjakannya tanpa beban, sehingga tidak menjadi beban psikologi. Jadi, jangan heran apabila kita berada di negara yang moyoritas adalah orang Yahudi -misalnya israel- melihat ibu-ibu yang sedang hamil membawa buku matematika ke mana-mana. Yang ketiga adalah makanan para ibu Yahudi saat hamil.

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, para ibu Yahudi juga memiliki kebiasaan mengkonsumsi kacang badam, korma dan susu. Kebiasaan tersebut telah dilakukan mereka sejak dahulu. Selain itu, mereka juga mengkonsumsi makanan-makanan lain yang bergizi lainnya. Dan ketika makan ikan mereka menyisakan kepalanya.
Hal yang keempat yang dilakukan oleh para ibu Yahudi ketika sedang hamil adalah menjauhi asap rokok. Di kalangan Yahudi, rokok dianggap hal yang menjijikan, berbahaya dan hal yang tabu. Meskipun ada sekitar 5% dari mereka yang masih merokok. Meskipun begitu, ketika ada seorang ibu hamil di tempat umum, dalam jarak minimal 15 meter, pasti tidak ada orang yang sedang merokok. Dan apabila ada seorang perokok dan istrinya sedang hamil, dia akan berhenti merokok dalam masa kehamilan sang istri semata-mata demi anaknya.
Begitulah beberapa hal yang dijelaskan dalam buku ‘Menguak Rahasia Cara Belajar Orang Yahudi’ karya Abdul Wahid. Beliau bisa menyajikan materi-materi tersebut secara runtut sehingga enak dibaca. Mulai rahasia ketika masa kandungan sampai masa dewasa. Bagaimana mereka melakukan ‘ritual-ritual’ tersebut sehingga menjadikan generasi mereka cerdas dan genius.
Judul buku: Menguak Rahasia Cara Belajar Orang Yahudi
Penulis : Abdul Waid
Penerbit : Diva Press
Cetakan : II, Desember 2011
ISBN : 978 - 602 - 978 - 757 - 3
Ukuran : 14x20cm 
Halaman :248 Halaman

(M. Syaikhul Umam)

2 komentar: