About

BBJ, Eksotika Jember yang sesungguhnya

BULAN Berkunjung ke Jember (BBJ) atau lebih popular disebut dengan BBJ, biasa berlangsung di bulan Juli-Agustus. Tapi, untuk tahun 2012 ini, BBJ dipindah di bulan Juni-Juli. Keadaan ini dikarenakan bulan Ramadhan yang akan jatuh di bulan Juli, sehingga ditakutkan akan mengganggu beberapa kegiatan BBJ yang berlangsung disiang hari dan butuh tenaga ekstra.
 
Pembukaan BBJ ini dimulai dari 3 Juni 2012 lalu dengan acara meriah di alun-alun Kota Jember berupa panggung hiburan. Acara ini di buka langsung oleh Bupati Jember Bapak MZA Djalal. Setelah BBJ ini resmi dibuka, serangkaian acara berikutnya sudah menunggu. Sebagian besar dari kegiatan BBJ merupakan acara yang memang untuk menghibur rakyat Jember pada khususnya, dan menjadi daya tarik warga di luar Jember pada umumnya.

Kegiatan pembuka, yaitu Kejuaraan Sepak Bola “Far East Java Cup” yang diadakan di Stadion Notohadi Negoro. Selain kejuaraan sepak bola, BBJ juga mengadakan kejuaraan kasti, lomba karapan sapi, sampai pada kontes nasional ayam dan ayam ketawa juga ada. Untuk pecinta otomotif, BBJ menyediakan event besar seperti Drag Bike, Jambore Honda Tiger nasional, BBJ Adventure Trail Jember, Road Race Yamaha Cup Race 2012” sampai pada pameran otomotif. Pameran otomotif ini berlangsung bersamaan dengan Jember Expo yaitu pada tanggal 22 Juni – 8 Juli.

Dua event besar yang merupakan favorit warga Jember sudah dilaksanakan pada 16 dan 17 Juni 2012. Pada tanggal 16 Juni ini diadakan acara Jember Carnival City (JCC) dan tanggal 17 juni diadakan lomba panjat pinang. Acara JCC ini, merupakan acara fashion carnival yang dilaksanakan oleh siswa-siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Di mana setiap sekolah menampilkan tema yang berbeda. Seperti SMAN 1 Jember menampilkan fashion carnival dengan baju bernuansa Jawa. Dan beberapa sekolah lain menampilkan baju dengan khas daerah lain, seperti Toraja, Bali, Papua dll. Acara ini berlangsung pada Sabtu malam yaitu mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB. Dengan mengambil rute dari GOR PKPSO Kaliwates menuju Alun-Alun Jember.


Setelah malam hari puas dengan menonton JCC pada hari Minggu warga Jember masih dihibur dengan acara panjat pinang. Alun-Alun Jember dipenuhi dengan pohon pinang lengkap dengan hadiah yang menggiurkan di atasnya. Seperti biasa, kegiatan ini menyita banyak perhatian warga. Selain karena seru, juga ada hadiah menanti jika berhasil memanjatnya.






Acara BBJ ini masih akan berlangsung sampai dengan tanggal 14 Juli 2012. Dengan serangkaian acara yang tidak kalah seru. Kegiatan seperti EXPO Jember dan Jember Shopping Festival masih bisa dinikmati. Serangkaian acara lain juga masih layak untuk dinanti. Apalagi kegiatan pamungkas seperti Jember Fashion Carnaval XI (JFC) dan Tajemtra masih akan berlangsung di awal bulan Juli ini. JFC sendiri akan diadakan pada tanggal 8 Juli 2012, dan Tajemtra akan diadakan pada tanggal 14 Juli 2012 yang sekaligus menjadi kegiatan puncak dari BBJ ini. jadi, jika Anda masih bingung untuk mengisi liburan, berkunjunglah ke Jember dan nikmati pesona yang akan memukau Anda semua. (Rizkiyah)

0 komentar:

Posting Komentar