About

Tips Tilawah Alquran

MEMBACA merupakan aktivitas yang tidak dapat terlepaskan dari dunia kepenulisan. Dengan banyak membaca maka wacana kita menjadi luas. Hal ini menjadi modal utama bagi seorang penulis untuk dapat mengembangkan tulisannya. 
 
Banyak hal yang dapat kita jadikan sebagai bahan bacaan. Bagi FLP Jember membaca Alquran adalah salah satu bacaan wajib anggota, karena FLP sendiri bertujuan melahirkan tulisan-tulisan yang mampu mencerahkan sehingga kita harus banyak membaca sumber-sumber yang banyak memberikan pencerahan, yaitu Alquran. Terlebih bulan Ramadan segera tiba. Kita harus menyiapkan diri menyambut bulan mulia tersebut, salah satunya dengan banyak membaca atau Tilawah Alquran. Berikut adalah beberapa tips agar membaca Alquran lebih menarik:
1.    Hendaknya kita memiliki beberapa Alquran yang berukuran kecil dan yang besar. Hal ini untuk memudahkan saat kita hendak membawanya kemana-mana atau yang besar agar nyaman membaca di rumah. Tetapi saat anggaran terbatas, pilihlah yang paling Anda butuhkan. Jangan menjadikan Alquran sebagai barang pajangan belaka.
2.    Pilihlah Alquran yang telah dilengkapi dengan terjemahan.

3.    Selalu sediakan Alquran di dalam tas agar selalu sempat tilawah di tengah kesibukan kita. Bagi yang memiliki gadget bertipe android atau tablet, ini lebih praktis dan sangat mobile.

4.    Buatlah jadwal rutin harian dimana pada waktu-waktu itu Anda harus membaca Alquran. Banyak yang menyukai tilawah setelah maghrib, pada sepertiga malam terakhir, setelah subuh dll. Terserah kita memilih waktu yang tepat, agar kita menjadi disiplin dan dapat tilawah rutin setiap harinya. Selain itu jangan lupa memilih tempat yang kondusif pula.

5.    Selalu yakin akan banyaknya manfaat dari tilawah karena Alquran adalah kalamullah.

6.    Selalu niatkan ikhlas karena Allah dan ingatlah akan pahala yang Allah janjikan bagi mereka yang membacanya, karena membaca Alquran adalah ibadah terlebih pada bulan Ramadan. Hal ini untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam membaca Alquran.

7.    Perhatikan adab tilawah Alquran, seperti menjaga dari hadas dsb.

8.    Jangan malu belajar, kalau kita memang belum bisa membaca Alquran. Tidak ada kata terlambat dalam kebaikan berapapun usia kita. Man Jadda Wajadda.

9.    Tetap semangat dan jangan lupa selalu berdoa kepada Allah agar tetap diberi semangat.
Selamat mencoba. (Lely)

0 komentar:

Posting Komentar