About

Aku adalah Dia

Nasehat Itu Butuh Telaah    
(Mengadaptasi dari video : http://www.youtube.com/watch?v=rUOiHTRiudM)
Oleh : Eny Musyarofah

            Hidup itu adalah pilihan dan setiap pilihan itu akan diminta pertanggungjawaban. Tidak semua nasehat yang tertuju pada diri kita adalah nasehat yang baik, karena sering kali seseorang menjadi lebih terjerumus pada kesesatan karena nasehat yang diterimanya langsung diaplikasikan tanpa berfikir panjang. Dalam menjalani kehidupan kejernihan hati nurani sangat penting untuk mampu menyaring hal-hal yang buruk dan menerima hal-hal baik.
         Keadaaan diri seseorang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari sifat bawaan, orang-orang yang ada disekelilingnya dan kondisi lingkungan. Teman adalah orang yang memberi pengaruh besar terhadap kehidupan seseorang, karena biasanya teman sering kali memberi nasehat apabila keadaan kita dirasa tidak sesuai dengan yang diharapkan atau tidak dalam kondisi pada umumnya. Padahal belum tentu seseorang yang berperilaku tidak sesuai dengan kebanyakan orang adalah perilaku yang salah.  Menjadi seorang yang pendiam dan tidak pacaran bukanlah hal yang salah, asalkan menjadi pendiam tetapi tetap mampu bersosialisasi dengan manusia lain. Apalagi pacaran yang sama sekali tidak memberi keuntungan dan hanya mampu menciptakan banyak sekali kerugian.
        Mungkin sangat membekas apabila mendapat nasehat dari seorang teman, apalagi teman tersebut telah meninggal. Nasehat yang diberikan bisa saja menjadi sebuah kata-kata wasiat yang sulit untuk dilupakan, tetapi bukan berarti nasehat seorang teman tersebut benar dan layak untuk dijalankan. Gunakanlah hati nurani untuk berfikir lebih jauh atas nasehat yang telah diberikan. Bisa saja nasehat yang diberikan tersebut mampu memberi pencerahan dalam hidup atau malah menjadi bumeranng yang akan mampu membuat hidup kita yang semula dalam suatu kebenaran  menjadi melenceng dan tidak sesuai dengan aturan. Berhati-hati dalam menelaah apa yang orang lain nasehatkan sangat penting. Dalam film tersebut  Via berkata ”Banyak orang sukses tetapi tidak kuliah.” Mungkin hal itu memang benar, tetapi dengan menjadikan itu alasan untuk membolos saat kuliah, itu adalah kesalahan besar. Kesuksesan itu tidak hanya kemapuan memperoleh kekayaan. Kesuksesan itu adalah mampu menjadikan diri menjadi pribadi yang unggul dan tentu saja pribadi yang unggul tidak didapat dengan menjadi orang yang banyak melanggar nilai norma yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar