About

BISIK FLP Menemani Pergantian Tahun


            Pergantian awal tahun 2013 atau tepatnya 1 Januari 2013 sudah barang tentu adalah momentum mendebarkan bagi setiap orang yang memiliki suatu resolusi besar. Ya, pergantian tahun akan menjadi sangat berarti bagi seseorang yang mendambakan perubahan pada tahun 2013. Seperti halnya seorang ibu hamil yang ingin melahirkan pada 2013, mahasiswa yang ingin wisuda, bujangan yang ingin menikah, siswa yang lulus UAN ataupun pekerja yang ingin naik pangkat. Bahwasanya setiap orang memiliki impian besar dan pengharapan besar di awal tahun 2013 ini. Sehingga tak sedikit orang yang menggunakan momen awal tahun ini dengan merayakannya dalam sebuah pesta kembang api, tiupan terompet, barbecue bareng, renungan bersama, doa bersama maupun berkecimpung dalam pelatihan-pelatihan motivasi diri.

            Berbicara tentang pelatihan, mengingatkanku pada detik-detik pergantian tahun yang kulalui di sebuah pelatihan menulis bertempat di Stroberi full day School di kota Jombang. Pelatihan BISIK FLP ini diselenggarakan pada waktu yang unik, yaitu antara 31 Desember 2012 sampai 1 Januari 2013. Yap! Pelatihan yang memakan waktu dua hari diantara pergantian tahun. Acara ini adalah pelatihan kepenulisan yang diadakan oleh Bpk. Lutvi Hakim, selaku ketua Forum Lingkar Pena Jawa Timur (FLP Jatim) yang merupakan agenda berkumbul tahunan. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh perwakilan FLP cabang dan ranting se-Jawa Timur. Maka FLP Jember, FLP tempatku menuangkan pena juga tak ketinggalan eksistensinya di acara tersebut.
            Untuk FLP Jember diwakili oleh tiga orang anggota. Diantaranya adalah saya sendiri sebagai seksi dana usaha, Ulin dan Jefi Hermawan sebagai seksi kaderisasi. Berangkat pada pukul 22.15 petang dari terminal Tawang Alun, kami mengobarkan semangat dakwah lewat pena untuk menuju kota santri, Jombang tersebut. Setiba di lokasi workshop pada esoknya, kami disambut dengan hangat oleh Ketua FLP Jatim. Ternyata, di sana sudah banyak anggota FLP dari berbagai wilayah yang stand by. Kami pun saling berkenalan dan bertukar pikiran. Senang sekali bertemu penulis-penulis muda dalam satu naungan visi dan misi yang sama, yang pasti akan lebih mudah membantu kami untuk merealisasikan mimpi kami menjadi seorang penulis.
            Penulis. Menjadi sosok tersebut tidak cukup diucapkan dalam lesan saja, namun lebih besar dari itu, yaitu memerlukan konsistensi diri yang tangguh dan tak mudah putus asa. Seperti yang dituturkan oleh pemateri, diantaranya Bunda Sinta Yudisia, Adam Muhammad, Mbak Umi Khulsum, dsb. Bahwasanya menjadi seorang penulis dimulai dari titik nol dan membutuhkan kerja keras serta kemauan yang konsisten. Jadi, semua orang bisa menjadi seorang penulis hebat bahkan seseorang yang tak memiliki bakat sekalipun bisa melakukannya asal konsisten.
            Dua hari pun berlalu. Tak terasa hari mulai senja kembali. Penutupan acara pelatihan pun usai dan diikuti oleh perpulangan para anggota ke daerahnya masing-masing. Inilah saat yang mendebarkan dimana kami harus berpisah dengan para penulis dan pemateri handal. Dua hari yang awalnya kami perkirakan berat, kenyataannnya berbalik seratus delapan puluh derajat. Sangat menyenangkan! Jika diperbolehkan kami ingin tambah inap lagi. Ingin berdiskusi bersama, tanya jawab, menyantap hidangan bersama maupun berbagi cerita tentang kepenulisan. Semuanya sangat amat seru.
Jarum jam telah menunjukkan pukul 16.00 kami pun segera menuju ujung gang untuk menyetop bis yang akan mengantarkan kami pulang. Ternyata hari itu bis-bis yang lewat telah penuh sesak denga para penumpang dari ujung barat. Ah, aku baru ingat hari itu adalah momen tahun baru apalagi liburan. Tak heran jika banyak penumpang yang menjejali bis-bis tersebut. Akhirnya setelah 30 menit menunggu, ada bis yang berhenti di depan kami dan menyisakan ruang kosong untuk berdiri. Alhamdulilah. Kami bersyukur mendapatkan tumpangan untuk pulang ke kota Jember. Dan di sepanjang perjalanan takkan pernah kami lupa akan kesan menyenangkan sekaligus bermanfaat dari pelatihan kepenulisan FLP tersebut. Pelatihan tersebut adalah sebuah pemantik resolusi kepenulisan 2013 kami.
Oleh : Monafisa Rizqi

0 komentar:

Posting Komentar