About

Inagurasi Anggota Baru FLP Jember

Matahari menyingsing di pagi hari seraya menyibakkan jubah keemasannya. Sinarnya membelai dedaunan di bumi peritiwi dan menghangatkan suasana pagi. Pagi ini, sekitar pukul setengah 6 terlihat beberapa muda-mudi sedang berkumpul di teras rumah. Tepatnya di jalan danau toba gang 2, nomer . . mereka tampak berbincang-bincang dengan santai. Beberapa dari mereka terlihat berdiskusi sesuatu. Ya, mereka adalah anggota Forum Lingkar Pena (FLP) Jember yang akan melakukan inagurasi anggota baru 2013. Kegiatan inagurasi – akhir dari acara requitment – ini sendiri diadakan dua kali selama setahun.
Jam menunjukkan pukul tujuh lewat. Kawan-kawan FLP beranjak dari tempatnya menuju sebuah tempat. Dari sana mereka mengendarai sepeda motor. Beberapa teman yang berangkat menggunakan sepeda goes dititipkan dan dibonceng ke tempat acara.

Matahari semakin menyingsing ke atas menunjukkan garangnya. Sepeda motor kawan-kawan FLP melaju menyusuri jalan PB. Sudirman menuju jalan Nusa Indah. Sekitar 5 menit berkendara, mereka tiba di sebuah gang sempit yang di atasnya bertuliskan ‘Kampoeng Baca’. Sekilas membaca tulisan itu, mereka terus melaju pelan menyusuri gang tersebut.
Di gang tersebut suasana terasa sejuk kembali. Karena sinar matahari terhalang oleh dinding-dinding gang tersebut. Suara kenalpot menderu-deru terdengar begitu keras karena pemantulan suara di dinding-dinding gang. Di gang itu mereka melewati beberapa persimpangan, dan akhirnya berhenti di depan sebuah rumah. Belum sempat memasuki halaman rumah tersebut. Salah satu dari mereka turun menghampiri seorang ibu dan menanyakan tempat parkir. Sejurus kemudian mereka memarkir kendaraan mereka di depan halaman rumah itu. Meskipun acaranya tidak bertempat di situ. Jadi, hanya numpang parkir sepeda motor saja.
Setelah itu, mereka berjalan menuju rumah sastrawan di daerah situ. Pak Iman, itulah nama sapaan akrab sastrawan tersebut, pendiri ‘kampoeng baca’. Di rumah beliau, mereka disambut dengan suasana sejuk nan rindang. Begitu alami, dengan dinding rumah yang terbuat dari bambu. Pohon-pohon banyak di dekat rumah itu dengan jarak yang dekat. Ayam-ayam bermain seliweran di sekitar rumah itu.
Setelah mereka datang, lalu dipersilakan untuk duduk. Sedikit berbincang-bincang, lalu beliau mempersilakan mereka melihat-lihat. Termasuk melihat perpustakaan miliknya.
Acara masih belum dimulai karena masih menunggu sebagian peserta yang belum datang. Kira-kira 30 menit kemudian acara inagurasi baru dimulai. Dibuka dengan sapaan pagi oleh pembawa acara lalu disusul dengan pembacaan Al-qur’an. Lalu disusul dengan sambutan dari ketua panitia mas Jefi Hermawan. Setelah itu, dilanjutkan dengan inspirasi pagi oleh pak Iman. Beliau bercerita tentang bagaimana perbedaan ketika jaman dahulu dengan sekarang dan jejaringan sosial dalam segi keuntungan dan manfaatnya.
Kemudian penampilan dari peserta inagurasi anggota baru FLP jember 2013, yaitu, diawali pembacaan puisi oleh Rosyid Ridho dengan judul ‘Apakah Aku Manusia’. Kemudian, penampilan akapela oleh Dwi Wirastianti Novita Sari dan Hidayaty Eldina menyanyikan lagu ‘You Raise Me Up’ yang dipopulerkan oleh Josh Groban. Lalu diakhiri dengan penampilan dari seluruh peserta inagurasi, menyanyikan lagu ‘Laskar Pelangi’ karya Nidji, dan ‘Ingatlah Hari Ini’ karya Project Pop.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan mengkritisi hasil dari SMF (Sekolah Menulis FLP) ke tiga. Lalu dilanjutkan dengan acara ‘rujak party’ alias makan rujak bersama. Setelah puas makan rujak, acara berganti ke pembagian hadiah untuk karya terbaik selama mengikuti kegiatan requitment pada peserta. Sambutan dari ketua FLP Jember, Pak Syahrizal Bahtiar melanjutkan keceriaan suasana pagi itu. Lalu pembagian sertifikat tanda peserta inagurasi telah resmi menjadi anggota FLP. Tak lupa mereka untuk menyampaikan kesan pesan dan harapan mereka setelah menjadi anggota FLP Jember.
Acara berlanjut dengan saling tukar bingkisan antara peserta inagurasi yang sudah menjadi tradisi ini. Lalu acara ditutup dengan membingkai memori dalam jepretan foto bersama seluruh anggota FLP Jember yang hadir saat itu dan juga tuan rumah pak Iman. 
oleh : Syaihul Umam

1 komentar:

  1. Menarik sekali acara inagurasinya... :) semangat untuk FLP jember :)

    BalasHapus