About

Tips Menulis Tengah Malam

SEORANG penulis pasti memiliki waktu-waktu spesial yang pada waktu itu banyak karya-karya hebatnya dapat di telurkan. Bagi sebagian penulis, menulis di tengah malam menjadi pilihan. Karena pada tengah malam suasana hening, tidak ada keributan, kegaduhan oleh suara anak-anak, kendaraan bermotor dan lain-lain. Yang ada hanyalah nyayian alam. 

Bagi seseorang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, waktu ini juga menjadi pilihan. Bunda Shinta Yudisia adalah salah satu penulis besar yang biasa memanfaatkan waktu tengah malamnya. Dan kita sebagai seorang muslim juga dapat memanfaatkan waktu ini untuk beribadah salat malam. Sehingga, kita mendapatkan pahala yang berlipat dari menulis dan beribadah.
Berikut adalah beberapa tips agar kita bisa bangun tengah malam:
1.    Olahraga yang cukup, minimal lima sampai sepuluh menit per hari. Karena saat badan kita sehat maka memudahkan kita saat bangun tengah malam.
2.    Pada siang hari di tengah kesibukan kita, selalu luangkan waktu untuk istirahat.
3.    Minum air putih yang cukup. Dua liter atau delapan gelas per hari.
4.    Segera tidur setelah Isya kemudian pasang alarm. Ideal tidur per hari adalah tujuh jam. Saat terlalu banyak tidur membuat kita semakin malas, begitu juga saat kurang, dalam jangka waktu lama juga merusak tubuh.
5.    Hindari tidur dalam suasana lapar atau kekenyangan.
6.    Gunakan lampu yang redup atau matikan lampu untuk memulai tidur.
7.    Setelah bangun, segera cuci muka dan ambil air wudu. Agar kita tidak mengantuk lagi dan siap memulai aktivitas menulis dan yang lainnya.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat. (Lely)

0 komentar:

Posting Komentar