About

Bersama Pak Iman Suligi Pendiri Kampoeng Baca Jember



1.       Kapan didirakannya kampung baca ?
Kampung baca sendiri didirikan pada tanggal 7 maret 2009. Tapi pertama disebut sebagai perpustakaan tintin, itu dikarenakan banyak buku yang berserial tentang Tintin. Awal mulanya sekitar tahun 80 an dan ketika tahun 2009 diubah namanya menjadi kampung baca.
2.       Awal Merintisnya ?
Dulu dengan teman pernah mendirikan yayasan Indonesia membaca yang berpusat di perpustakaan tintin tersebut. Sempat ada kendala pada tahun 2000saya sempat mendirikan yayasan penabur hikmah.
3.       Apa yang dihasilakan yayasan tersebut ?
Yayasan Indonesia membaca pernah bekerjasama dengan Jepang dan sempat mengadakan sayembara menulis surat untuk pak Walikota.
4.       Buku koleksi untuk rumah baca ?
Pertama rumah baca memiliki 500 judul buku. Dan sekarang ada tambahan 300 buku dari perpustakaan daerah dan 5 kardus dari temprina.
5.       Luas dari rumah baca sendiri ?
Luas kampung baca saat ini +- 450 m2
6.       Pekerjaan pak iman selain di rumah baca ?
Sejak tahun 2003, saya menjadi dosen PG PAUD di Universitas Muhammadiah Jember. Saya juga pernah mengajar di SMK 3 Jember sebagai guru senirupa,desain, Bhs. Inggris, dan seni budaya.
7.       Kiat sukses pak iman untuk menjaga semangat ?
Kita harus memperkuat mental. pada setiap kejadian harus diambil hikmah. Pada kehidupan yang diambil bukan kegagalan tetapi keberhasilan.

0 komentar:

Posting Komentar